Kamis, 23 Februari 2012

KUMPULAN SOAL UAN TEORI KEJURUAN PERAWATAN SOSIAL


Paket  A
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SOAL TEORI KEJURUAN

Satuan Pendidikan       :  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Keahlian        :  Pekerjaan Sosial
Kode                             :  F036
Hari/Tanggal                :  Selasa / 24 Maret 2009
Alokasi Waktu             :  120 menit (Pukul 08.00 s.d 10.00)
Jenis Soal                     :  Pilihan Ganda
Jumlah Soal                 :  40 soal

 

1.        Proses penyampaian pesan dari sumber kepada penerima melalui media adalah suatu proses ....
A.    Relasi
B.     Interaksi
C.     Sosialisasi
D.    Akulturasi
E.     Komunikasi

2.        Seseorang atau sekelompok orang yang menerima pesan dari sumber adalah ........
A.    Pesan
B.     Media
C.     Komunikan
D.    Umpan balik
E.     Komunikator

3.        Di suatu badan sosial misalnya Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), seorang petugas memberikan pelayanan kepada pengguna narkoba bertujuan untuk ........
A.    Koreksi
B.     Rehabilitasi
C.     Sosialisasi
D.    Preventif
E.     Kuratif

4.        Apabila dilihat dari arah datangnya pesan, komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan HP, maka komunikasi ini sering disebut komunikasi .............
A.    Satu arah
B.     Dua arah
C.     Banyak arah
D.    Serial
E.     Paralel
5.        Komunikasi yang efektif merupakan komunikasi yang berhasil yaitu komunikator mendapat respons dari audiens yaitu berupa ........
A.    Posive feedback
B.     Negative feedback
C.     Netral feedback
D.    Zero feedback
E.     Error feedback

6.        Komunikasi yang nyaman akan terjadi apabila antara komunikator dan komunikan tidak mendapatkan gangguan dalam bentukan pesan yang sering dinamakan....................
A.    Asosiasi
B.     Sosialisasi
C.     Disfungsi
D.    Distribusi
E.     Distorsi

7.        Sikap menerima keluhan orang lain dan ikut merasakan penderitaan orang lain tetapi masih ada batas-batas tidak hanyut emosinya merupakan gambaran sifat ................
A.    Kesejatian
B.     Hangat
C.     Empati
D.    Simpati
E.     Tidak menghakimi

8.        Sebagai makhluk sosial manusia senantiasa membutuhkan kehadiran orang lain. Aspek ini disebut ............
A.    Biologis
B.     Psikologis
C.     Sosial
D.    Spiritual
E.     Ekonomis

9.        Dalam membuat suatu laporan yang ditujukan kepada supervisor biasanya mencantumkan identitas klien. Untuk menjaga kerahasiaan inisial sangat perlu dicantumkan pada ............
A.    Nama
B.     Jenis kelamin
C.     Agama
D.    Alamat
E.     Pekerjaan



10.    Pihak yang terdekat dengan klien yang biasa ditanyakan tentang kondisi dan latar belakang klien agar data terpercaya yaitu ...............
A.    Kepolisian
B.     Keluarga
C.     Dokter
D.    Badan sosial
E.     Masyarakat

11.    Suatu teknik pengumpulan data, dengan cara membuat daftar pertanyaan secara tertulis dengan pilihan jawaban yang telah ditentukan, sehingga responden tinggal memilih jawaban yang sesuai adalah .............
A.    Observasi
B.     Wawancara
C.     Angket
D.    Dokumentasi
E.     Check list

12.    Salah satu syarat standart data yang diperoleh dengan observasi adalah .............
A.    Adanya prasangka dari peneliti
B.     Terbatasnya gerak dan wilayah pandang pengamatan
C.     Keterbatasan panca indra peneliti
D.    Validitasnya dapat dikendalikan
E.     Obyek mengetahui kalau sedang diteliti

13.    Untuk menetapkan masalah klien, pekerja sosial menerapkan wawancara ..........
A.    Informatif
B.     Administratif
C.     Research
D.    Treatment
E.     Diagnostic

14.    Data yang biasa dianalisis secara statistik menggunakan perhitungan matematika seperti penggunaa grafik dan fungsi, termasuk data........
A.    Primer
B.     Sekunder
C.     Deskriptif
D.    Kualitatif
E.     Kuantitatif

 15.    Data yang dikutip dari sumber lain disebut data........
A.    Lanjutan
B.     Nominal
C.     Sekunder
D.    Primer
E.     Tiruan

16.    Siswa mengolah data hasil wawancara dengan anak di suatu badan sosial. Data tersebut menurut jenisnya dikelompokkan data .........
A.    Sekunder
B.     Primer
C.     Kualitatif
D.    Kuantitatif
E.     Nominal

17.    Wawancara dan percakapan biasa berbeda dalam hal .......
A.    Peserta
B.     Biaya
C.     Waktu
D.    Tujuan
E.     Status

18.    Faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian manusia yang disebabkan oleh ciri-ciri fisik orangtuanya disebut faktor ......
A.    Biologis
B.     Sosial
C.     Psikologis
D.    Spiritual
E.     Intelektual

19.    Kebutuhan manusia akan kesehatan, keamanan dan perlindungan termasuk kategori kebutuhan dalam bentuk .............
A.    Konsep diri positif
B.     Emosional
C.     Fisik
D.    Pemenuhan diri
E.     Sosial

20.    Yang termasuk kebutuhan manusia pada tahap usia dewasa muda adalah .....
A.    Belajar peran orang tua
B.     Belajar ketrampilan dasar
C.     Sosialisasi
D.    Kasih sayang orang tua
E.     Perawatan fisik

21.    Orang yang mudah bergaul dan terampil menjalin relasi dengan orang lain cenderung memiliki tipe kepribadian...
A.    Terbuka
B.     Tertutup
C.     Ambivalen
D.    Kaku
E.     Kekanak-kanakan

22.    Faktor-faktor yang paling mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang adalah ...
A.    Minat dan hobby
B.     Pendidikan dan pergaulan
C.     Keturunan dan suku-bangsa
D.    Bakat dan pengalaman
E.     Budaya dan seni

23.    Kemampuan seseorang untuk mengubah perilakunya sesuai dengan tuntutan orang lain disebut ....
A.    Asosiasi
B.     Adaptasi
C.     Asimilasi
D.    Akomodasi
E.     Akulturasi

24.    Langkah paling akhir dalam pemberian bantuan pekerjaan sosial baik secara perorangan, kelompok maupun masyarakat adalah ......
A.    Melakukan terminasi pelayanan
B.     Melakukan evaluasi
C.     Melaksanakan intervensi pelayanan
D.    Menjalin relasi dengan klien dan lingkungan sosialnya
E.     Melakukan pengumpulan data

25.    Langkah pertama dalam merencanakan intervensi adalah ......
A.    Mengumpulkan data
B.     Mengidentifikasi masalah
C.     Merumuskan tujuan
D.    Menyusun rencana
E.     Mengatasi rencana
  
26.    Dalam praktek pekerjaan sosial dikenal empat sistem dasar yaitu sistem pelaksana perubahan, sistem kegiatan, sistem klien, dan sistem....
A.    Tujuan
B.     Sasaran
C.     Sumber
D.    Rencana
E.     Anggaran

27.    Bantuan seperti uang, doa, nasehat, dan dorongan biasanya diperoleh oleh klien dari sistem sumber informal (alamiah) yang disebut....
A.    Keluarga
B.     Sekolah
C.     Rumah sakit
D.    Kepolisian
E.     Panti Asuhan

28.    Bantuan berupa pinjaman uang dari koperasi biasanya diperoleh dari sistem sumber .....
A.    Informal
B.     Formal
C.     Kemasyarakatan
D.    Informasi
E.     Dana

29.    Pekerja sosial harus memahami klien apa adanya disebut prinsip ....
A.    Tidak menghakimi
B.     Kerahasiaan
C.     Individualisasi
D.    Penerimaan
E.     Partisipasi

30.    Peran pekerja sosial seperti menghubungkan klien dengan sumber pemenuhan kebutuhan merupakan ........
A.    Administrator
B.     Katalisator
C.     Mediator
D.    Enabler
E.     Broker
  
31.    Peran pekerja sosial yang menengahi sengketa kepentingan antara klien dengan sistem lain disebut ....
A.    Advokat
B.     Mediator
C.     Administrator
D.    Enabler
E.     Katalisator

32.    Pelatihan peningkatan kemampuan untuk mengembangkan usaha produktif bagi sekelompok pemuda Karang Taruna disebut fungsi .....
A.    Developmental
B.     Rehabilitatif
C.     Preventif
D.    Represif
E.     Kuratif

33.    Ukuran utama keberhasilan pemberian bantuan kepada klien yang dijadikan acuan oleh badan sosial adalah .....
A.    Masa pelayanan berakhir
B.     Perubahan yang diinginkan tercapai
C.     Biaya pelayanan habis
D.    Badan sosial tidak sanggup lagi melayani
E.     Tidak ada lagi sumber bantuan

34.    Evaluasi pelaksanaan intervensi berkaitan dengan kegiatan ...
A.    Menilai kegagalan klien dalam memenuhi kebutuhannya
B.     Meneliti siapa yang salah dalam pencapaian tujuan
C.     Mengolah hasil yang berbeda dalam pencapaian tujuan
D.    Membandingkan tujuan yang ditetapkan dengan hasil yang dicapai
E.     Memperhatikan keberhasilan klien dalam memenuhi kebutuhannya

35.    Alat atau teknik utama yang paling sering digunakan dalam memberikan bantuan pekerjaan sosial adalah ....
A.    Observasi
B.     Wawancara
C.     Studi dokumentasi
D.    Angket
E.     Penelitian

36.    Sinonim atau persamaan kata terminasi dalam pekerjaan sosial ialah .....
A.    Perencanaan relasi
B.     Pembangunan relasi
C.     Pengorganisasian relasi
D.    Pengendalian relasi
E.     Pengakhiran relasi

37.    Unsur terpenting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan terminasi adalah ...
A.    Kontak telah terjadi
B.     Data/informasi telah terkumpul
C.     Masalah telah diidentifikasikan
D.    Rencana telah tersusun dengan baik
E.     Perubahan yang diinginkan telah tercapai

38.    Idealnya terminasi berlangsung apabila ....
A.    Klien tidak dapat membiayai pelayanan
B.     Wali klien tidak menyepakati kontrak pelayanan
C.     Intervensi pelayanan berhasil
D.    Pelaksanaan pelayanan tidak berhasil
E.     Klien memutuskan kontrak secara sepihak

39.    Pengalihan pelayanan dari seorang pekerja sosial kepada pekerja sosial lainnya di dalam badan sosial yang sama dinamakan ...
A.    Transferensi
B.     Transparansi
C.     Transformasi
D.    Transfer
E.     Transisi

40.    Kata lain dari istilah referal (referral) dalam pekerjaan sosial ialah ....
A.    Represi
B.     Rekreasi
C.     Rujukan
D.    Rencana
E.     Remedial

SELAMAT BEKERJA



Paket  B
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SOAL TEORI KEJURUAN

Satuan Pendidikan      :  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Keahlian        :  Pekerjaan Sosial
Kode                           :  F036
Hari/Tanggal                :  Selasa / 24 Maret 2009
Alokasi Waktu                        :  120 menit (Pukul 08.00 s.d 10.00)
Jenis Soal                     :  Pilihan Ganda
Jumlah Soal                 :  40 soal

 

   1.     Dalam proses pengumpulan data dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), pekerja sosial melakukan pengamatan secara periodik. Catatan hasil pengamatan periodik tersebut disebut.....
A.    Berkala
B.     Pengecek
C.     Penilai
D.    Anekdot
E.     Perkembangan

   2.   Untuk mendapatkan atau melengkapi data klien, pekerja sosial menggunakan wawancara.....
A.    Bantuan
B.     Informatif
C.     Administratif
D.    Diagnostik
E.     Treatment

3 3. Untuk memahami klien, pekerja sosial harus mampu mengumpulkan data dari berbagai sumber. Klien sendiri termasuk sumber data...
A.    Sekunder
B.     Tambahan
C.     Murni
D.    Primer
E.     Pelengkap
  
4  4. Setiap sekolah SMK mendapat bantuan dana Rp 150 juta, data tersebut termasuk jenis data....
A.    Kualitatif
B.     Otentik
C.     Kuantitatif
D.    Murni
E.     Nominal

5  5. Rencana intervensi harus dirumuskan secara operasional, maksudnya....
A.    Berdasarkan komitmen
B.     Dapat dievaluasi
C.     Sesuai dengan jadwal
D.    Dapat dikerjakan
E.     Ada instrumennya

   6.  Pekerja sosial sedang memberi bimbingan belajar pada siswa SD. Dalam hal ini pekerja sosial berperan sebagai ...
A.    Enabler
B.     Advocate
C.     Teacher
D.    Therapist
E.     Mediator

7  7. Dari evaluasi proses akan diperoleh gambaran tentang ada atau tidaknya....
A.    Kelebihan hasil kerja
B.     Penyimpangan metode kerja
C.     Kelemahan dalam kerjasama
D.    Penyimpangan teknik kerja
E.     Keberhasilan pencapaian tujuan

8   8.  Dalam mengevaluasi proses intervensi yang melibatkan profesi lain,  pekerja sosial menggunakan teknik...
A.    Wawancara
B.     Konferensi kasus
C.     Diskusi
D.    Home visit
E.     Pengamatan

9   9. Tindakan pekerja sosial sebelum melakukan terminasi adalah....
A.    Mencegah terjadinya kekacauan
B.     Mengantisipasi masalah yang timbul
C.     Memberi perhatian secara penuh
D.    Menyelesaikan konflik
E.     Menjalin relasi yang kuat
1 10.  Langkah awal yang harus dilakukan pekerja sosial dalam melakukan terminasi adalah...
A.    Membuat rencana bantuan
B.     Memperkirakan bantuan kerja
C.     Memperkirkan kapan tujuan tercapai
D.    Memperkirakan hasil kerja
E.     Mengevaluasi hasil perubahan

1   11.  Proses penyampaian pesan dari sumber kepada penerima melalui media adalah suatu proses...
A.    Relasi
B.     Interaksi
C.     Sosialisasi
D.    Akulturasi
E.     Komunikasi

1   12. Seseorang atau sekelompok orang yang menerima pesan dari pihak lain disebut ...
A.    Pesan
B.     Media
C.     Komunikan
D.    Umpan-balik
E.     Komunikator

     13.  Penyuluhan tentang bahaya narkoba yang dilakukan oleh pekerja sosial kepada sekelompok siswa SMP bertujuan untuk...
A.    Koreksi
B.     Rehabilitasi
C.     Sosialisasi
D.    Preventif
E.     Kuratif

1   14. Apabila dilihat dari datangnya pesan, komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan HP, maka komunikasi ini sering disebut komunikasi....
A.    Satu arah
B.     Dua arah
C.     Banyak arah
D.    Serial
E.     Berantai
 
1  15. Komunikasi yang efektif merupakan komunikasi yang berhasil yaitu komunikator mendapat respons dari audiens yaitu berupa....
A.    Positive feedback
B.     Negative feedback
C.     Netral feedback
D.    Zero feedback
E.     Error feedback

1   16.  Gangguan dalam komunikasi sering dinamakan...
A.    Asosiasi
B.     Sosialisasi
C.     Disfungsi
D.    Distribusi
E.     Distorsi

1   17.  Pekerja sosial harus dapat memahami perasaan orang lain tanpa hanyut didalamnya, sikap ini dinamakan...
A.    Kesejatian
B.     Hangat
C.     Empati
D.    Simpati
E.     Tidak menghakimi

1   18.  Manusia senantiasa membutuhkan kehadiran orang lain. Aspek ini disebut ....
A.    Biologis
B.     Psikologis
C.     Sosial
D.    Spiritual
E.     Ekonomis

1   19.  Dalam membuat suatu laporan yang ditujukan kepada supervisor biasanya mencatumkan identitas klien. Untuk menjaga kerahasiaan inisial sangat perlu dicantumkan pada ....
A.    Nama
B.     Jenis kelamin
C.     Agama
D.    Alamat
E.     Pekerjaan

      20.  Orang kunci yang terdekat dengan klien yang biasa dinyatakan tentang kondisi dan latar belakang klien agar data terpercaya yaitu...
A.    Tetangga
B.     Keluarga
C.     Guru
D.    Teman
E.     Masyarakat

2    21.  Suatu teknik pengumpulan data, dengan cara membuat daftar pertanyaan secara tertulis dengan pilihan jawaban yang telah ditentukan, sehingga responden tingga memilih jawaban yang sesuai adalah....
A.    Observasi
B.     Wawancara
C.     Dokumentasi
D.    Angket
E.     Check list

2  22. Data yang biasa dianalisis secara statistik menggunakan perhitungan matematika seperti penggunaan grafik dan fungsi, termasuk data....
A.    Primer
B.     Sekunder
C.     Deskriptif
D.    Kualitatif
E.     Kuantitatif

2     23.  Perbedaan yang pokok antara wawancara bantuan dengan percakapan sehari-hari terletak pada ...
A.    Peserta
B.     Tujuan
C.     Waktu
D.    Tempat
E.     Status

2     24.  Faktor yang mempengaruhi kepribadian manusia dalam perkembangannya yang disebabkan oleh ciri-ciri fisik orangtuanya disebut faktor ....
A.    Sosial
B.     Biologis
C.     Psikologis
D.    Spiritual
E.     Intelektual


2    25.  Kebutuhan manusia akan kesehatan, keamanan dan perlindungan termasuk kategori kebutuhan dalam bentuk ...
A.    Konsep diri positif
B.     Emosional
C.     Pemenuhan diri
D.    Fisik
E.     Sosial

2      26.  Yang termasuk kebutuhan manusia pada tahap remaja muda adalah .....
A.    Belajar peran orang tua
B.     Belajar ketrampilan dasar
C.     Mencari identitas diri
D.    Kasih sayang orang tua
E.     Perawatan fisik

2     27.  Orang yang sulit bergaul dan kurang trampil dalam menjalin relasi dengan orang lain cenderung memiliki tipe kepribadian ....
A.    Terbuka
B.     Tertutup
C.     Ambivalen
D.    Kaku
E.     Kekanak-kanakan

2    28.  Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang adalah ...
            A.   Hobby dan minat
            B.   Pendidikan dan pergaulan
            C.   Keturunan dan suku bangsa
            D.   Bakat dan pengalaman
            E.    Budaya dan seni

2    29.  Kemampuan seseorang untuk mengubah perilakunya sesuai dengan tuntutan orang lain disebut ....
A.    Asosiasi
B.     Adaptasi
C.     Asimilasi
D.    Akomodasi
E.     Akulturasi

    30.  Langkah paling akhir dalam pemberian bantuan pekerjaan sosial baik secara perorangan, kelompok maupun masyarakat adalah .....
A.    Melakukan terminasi pelayanan
B.     Melakukan evaluasi
C.     Melaksanakan intervensi pelayanan
D.    Menjalin relasi dengan klien dan lingkungan sosialnya
E.     Melakukan pengumpulan data

3    31.  Dalam praktek pekerjaan sosial dikenal empat sistem dasar yaitu sistem pelaksana perubahan, sistem kegiatan, sistem klien, sistem .....
A.    Tujuan
B.     Sasaran
C.     Sumber
D.    Rencana
E.     Anggaran

3    32.  Bantuan seperti uang, doa, nasehat, dan dorongan biasanya diperoleh dari sistem sumber informal (alamiah) yang disebut ....
A.    Keluarga
B.     Sekolah
C.     Rumah sakit
D.    Kepolisian
E.     Panti asuhan

3     33.  Bantuan berupa pinjaman uang dari koperasi biasanya diperoleh dari sistem sumber ...
A.    Informal
B.     Formal
C.     Kemasyarakatan
D.    Informasi
E.     Modal kerja

3     34.  Prinsip memahami manusia sebagai pribadi yang unik disebut prinsip ...
A.    Tidak menghakimi
B.     Kerahasiaan
C.     Individualisasi
D.    Penerimaan
E.     Partisipasi
   
3   35.  Peran pekerja sosial yang memberi kemudahan kepada klien untuk memperoleh pelayanan dinamakan ....
A.    Administrator
B.     Katalisator
C.     Mediator
D.    Enabler
E.     Broker

3   36.  Pelatihan peningkatan kemampuan untuk mengembangkan usaha produktif bagi sekelompok pemuda Karang Taruna disebut fungsi ....
A.    Development
B.     Rehabilitatif
C.     Preventif
D.    Represif
E.     Kuratif

3   37.  Ukuran utama keberhasilan pemberian bantuan kepada klien yang dijadikan acuan oleh badan sosial adalah ....
A.    Masa pelayanan berakhir
B.     Perubahan yang diinginkan tercapai
C.     Biaya pelayanan habis
D.     Badan sosial tidak sanggup lagi melayani
E.     Tidak ada lagi sumber bantuan

3     38.  Sinonim atau persamaan kata terminasi dalam pekerjaan sosial ialah ....
A.    Perencanaan relasi
B.     Pembangunan relasi
C.     Pengorganisasian relasi
D.    Pengendalian relasi
E.     Pengakhiran relasi

3    39.  Pengalihan diri seorang pekerja sosial kepada pekerja sosial lain di dalam badan sosial yang sama dinamakan ....
A.    Transferensi
B.     Transparansi
C.     Transformasi
D.    Transfer
E.     Transisi

       40.  Kata lain dari istilah referal (referral) dalam pekerjaan sosial ialah ....
A.    Represi
B.     Rekreasi
C.     Rujukan
D.    Rencana
E.     Remedial

SELAMAT BEKERJA



 PAKET A
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SOAL TEORI KEJURUAN

Satuan Pendidikan       :  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Keahlian        :  Pekerjaan Sosial
Kode                            :  3058
Hari/Tanggal                :  25 Maret 2010
Alokasi Waktu             :  120 menit (Pukul 08.00 s.d 10.00)
Jenis Soal                     :  Pilihan Ganda
Jumlah Soal                 :  40 soal

 

1.    Proses pertukaran informasi antara dua orang atau lebih pelaku disebut .....
A.    Komunikasi
B.     Sosialisasi
C.     Akulturasi
D.    Interaksi
E.     Relasi

2.    Dalam proses komunikasi, pengirim informasi sering juga disebut ....
A.    Komunikator
B.     Fasilitator
C.     Dinamisator
D.    Moderator
E.     Motivator

3.    Komunikasi lisan antara pekerja sosial dengan klien disebut juga sebagai bentuk komunikasi ....
A.  Verbal
B.  Non verbal
C.  Visual
D.  Auditorial
E.   Bilingual

4.    Arah komunikasi yang berlangsung dalam proses diskusi kelompok adalah ...
A.    Multi arah
B.     Berantai
C.     Lingkaran
D.    Serial
E.     Se arah

5.    Hubungan kerja yang terpercaya antara pekerja sosial dan klien dalam suatu perubahan berencana disebut ...
A.    Komunikasi
B.     Akulturasi
C.     Sosialisasi
D.    Interaksi
E.     Relasi

6        6.      Prinsip yang dianut oleh pekerja sosial individu adalah khas atau berbeda satu sama lain yaitu ....
A.    Sosialisasi
B.     Individualisasi
C.     Internalisasi
D.    Desiminasi
E.     Indoktrinasi

7         7.      Hubungan yang akrab antara klien dan pekerja sosial memenuhi sifat relasi yang disebut ....
A.    Keterlibatan
B.     Perhatian
C.     Ketulusan
D.    Penerimaan
E.     Kekuasaan

8        8.      Bentuk relasi, yakni pekerja sosial dan klien terlibat dalam proses kerjasama dalam mencapai   tujuan disebut relasi ...
A.    Polarisasi
B.     Partisipasi
C.     Kolaborasi
D.    Tawar menawar
E.     Konflik

9      9.      Teknik pengumpulan data yang sering dan biasa digunakan oleh pekerja sosial dalam pemberian bantuan ...
A.    Observasi, onterogasi, spekulasi
B.     Interogasi, spekulasi, studi banding
C.     Studi dokumentasi, spekulasi
D.    Wawancara, observasi, studi dokumentasi
E.     Spekulasi, studi dokumentasi, studi dokumentasi
  
1      10.  Faktor-faktor yang membedakan wawancara bantuan dengan percakapan biasa adalah ...
A.    Tempat, prakarsa, posisi, biaya, pedoman
B.     Tujuan, tempat, prakarsa, posisi, rencana
C.     Prakarsa, biaya, pedoman, tujuan, tempat
D.    Posisi, biaya, pedoman, tujuan, tempat
E.     Pedoman, tujuan, rencana, biaya, posisi

1      11.  Data yang langsung diperoleh dari klien disebut data ...
A.    Primer
B.     Sekunder
C.     Elementer
D.    Komplementer
E.     Serkuler

1   12.  Siswa terlihat gelisah, pucat, sedih dan kecewa saat dinyatakan tidak naik kelas. Data yang menggambarkan keadaan ini disebut...
A.    Kuantitatif
B.     Kualitatif
C.     Spekulatif
D.    Provokatif
E.     Tentatif

1     13.  Jenis data yang umum digunakan dalam pengumpulan data pengolahan data adalah ....
A.    Nominal, ordinal, interval, klasikal
B.     Rasio, klasikal, interval, ordinal
C.     Nominal, ordinal, rasio, interval
D.    Ordinal, rasio, interval
E.     Rasio, ordinal, klasikal

1   14.  Aspek masalah yang berkaitan dengan identitas pribadi dan susunan keluarga klien disebut berdimensi ...
A.    Psikologis
B.     Sosial
C.     Kultur
D.    Biologis
E.     Spiritual

1      15.  Kebutuhan manusia pada masa kanak-kanak adalah ...
A.    Belajar peran orang tua
B.     Belajar ketrampilan dasar
C.     Sosialisasi
D.    Harga diri
E.     Perawatan fisik

1      16.  Urutan yang benar jenjang kebutuhan manusia yang urutannya benar adalah ...
A.    Fisiologis, keamanan dan kenyamanan, perhatian dan kasih sayang, harga diri, aktualiasasi diri
B.     Fisiologis, perhatian dan kasih sayang, keamanan dan kenyamanan, harga diri, aktualisasi diri
C.     Perhatian dan kasih sayang, fisiologis, keamanan dan kenyamanan, harga diri, aktualisasi diri
D.    Keamanan dan kenyamanan, harga diri, aktualisasi diri, fisiologis, perhatian dan kasih sayang
E.     Aktualisasi diri, fisiologis, perhatian dan kasih sayang, keamanan dan kenyamanan, harga diri

1      17.  Setiap orang adalah turunan (warisan) dari leluhurnya. Faktor yang diturunkan tersebut adalah ...
A.    Penghargaan sosial
B.     Potensi fisik dan psikis
C.     Pengendalian sosial
D.    Sosialisasi
E.     Disiplin diri

1       18.  Fase perkembangan pertama manusia disebut ..
A.    Bayi
B.     Anak-anak
C.     Prenatal
D.    Remaja
E.     Dewasa awal

1       19.  Ciri-ciri yang menunjukkan seseorang sudah memasuki masa remaja, pada perempuan adalah ...
A.    Tambah tinggi
B.     Mimpi basah
C.     Tumbuh jakun
D.    Haid pertama
E.     Suara membesar

2         20.  Unsur studi kasus yang pertama kali dikumpulkan dari klien adalah ....
A.    Identitas klien
B.     Susunan keluarga
C.     Situasi masalah
D.    Masalah
E.     Pelayanan-pelayanan

2         21.  Situasi masalah sebagai unsur studi kasus artinya ...
A.    Klien merasa enggan masalahnya dicampuri
B.     Masalah klien tidak mungkin terpecahkan
C.     Penanganan klien tidak mungkin terpecahkan
D.    Tidak ada sumber daya dalam penanganan
E.     Alasan pekerja sosial menawarkan bantuan kepada klien

2          22.  Empat sistem dasar pekerjaan sosial adalah ...
A.    Sistem pelaku perubahan, sistem kegiatan, sistem klien, sistem sasaran
B.     Sistem pelaku perubahan, sistem kegiatan, sistem sosial
C.     Sistem sosial, sistem politik, sistem hukum, sistem administrasi
D.    Sistem pelaku perubahan, sistem kegiatan, sistem sosial, sistem sasaran
E.     Sistem sosial, sistem kegiatan, sistem klien, sistem sasaran

2          23.  Contoh sistem pelaku perubahan dalam pekerjaan sosial adalah
A.    Lembaga adat
B.     Lembaga sosial
C.     Lembaga perkawinan
D.    Lembaga administrasi negara
E.     Lembaga tinggi negara

2        24.  Sekumpulan orang yang bersama-sama dengan pekerja sosial untuk melakukan tugas-tugas dan mencapai tujuan perubahan disebut ....
A.    Sistem pelaku perubahan
B.     Sistem sasaran
C.     Sistem kegiatan
D.    Sistem klien
E.     Sistem sosial

2         25.  Orang-orang yang dijadikan sasaran agar perubahan dapat terjadi disebut ....
A.    Sistem pelaku perubahan
B.     Sistem kegiatan
C.     Sistem klien
D.    Sistem sasaran
E.     Sistem sosial

2        26.  Orang-orang yang telah memberi kewenangan/meminta bantuan di dalam usaha perubahan dan telah melibatkan diri melalui persetujuan kontrak dengan pekerja sosial disebut  ....
A.    Sistem pelaku perubahan
B.     Sistem kegiatan
C.     Sistem sasaran
D.    Sistem sosial
E.     Sistem klien

2          27.  Perbedaan sistem klien aktual dan sistem klien potensial adalah ...
A.    Kesadaran akan masalah
B.     Ketersediaan biaya
C.     Kesenjangan sosial
D.    Kepemimpinan pekerja sosial
E.     Kebebasan berpendapat

2          28.  Peran pekerja sosial yang menengahi sengketa antara klien dengan pihak lain disebut ...
A.    Katalisator
B.     Mediator
C.     Advokat
D.    Enabler
E.     Broker

2          29.  Lembaga yang merupakan sistem sumber formal adalah ...
A.    Rumah sakit
B.     Kantor polisi
C.     Kelurahan
D.    Koperasi
E.     Sekolah

3      30.  Bantuan berupa nasehat dan doa yang biasanya diperoleh oleh klien dan sumber informal, berupa ....
A.    Panti asuhan
B.     Rumah sakit
C.     Keluarga
D.    Kepolisian
E.     Sekolah

3          31.  Sistem sumber kemasyarakatan berupa ....
A.    Arisan
B.     Kekerabatan
C.     Keluarga
D.    Puskesmas
E.     Koperasi

3          32.  Prinsip-prinsip dalam pekerjaan sosial adalah ....
A.    Ketertiban
B.     Keserasian
C.     Kesetaraan
D.    Kesetiaan
E.     Kerahasiaan

3          33.  Prinsip yang menjunjung tinggi martabat dan harga diri klien disebut ...
A.    Worth and dignity
B.     Self determinity
C.     Social responsibility
D.    Equal opportunity
E.     Non-adjudgmental

3          34.  Prinsip penentuan nasib sendiri oleh klien disebut ...
A.    Worth and dignity
B.     Self ditirminity
C.     Social responsibility
D.    Equal opportunity
E.     Non-adjudgmental

3     35.  Pelatihan peningkatan ketrampilan usaha produktif bagi kelompok pemuda Karang Taruna disebut fungsi ...
A.    Rehabilitatif
B.     Preventif
C.     Development
D.    Represif
E.     Kuratif

3         36.  Ukuran keberhasilan suatu usaha perubahan adalah.....
A.    Waktu pelayanan habis
B.     Dana terpakai habis
C.     Klien dirujuk ke lembaga lain
D.    Masalah terpecahkan
E.     Klien menarik diri dari pelayanan

3          37.  Tahap akhir dari serangkaian kegiatan pemecahan masalah dalam pekerjaan sosial adalah ....
A.    Evaluasi
B.     Simulasi
C.     Stimulasi
D.    Desimilasi
E.     Terminasi

3          38.  Pengalihan klien antar pekerja sosial dalam badan sosial yang sama, diistilahkan...
A.    Transfer
B.     Transisi
C.     Transformasi
D.    Transparansi
E.     Transaksi

3    39.  Pengalihan penanganan klien dari badan sosial yang satu kepada badan sosial lain yang dibutuhkan disebut ....
A.    Represi
B.     Rujukan
C.     Rekreasi
D.    Rencana
E.     Remedial

4          40.  Syarat-syarat terminasi adalah .....
A.    Badan sosial tidak ada dana
B.     Pekerja sosial gagal menemui klien
C.     Tujuan bantuan telah tercapai
D.    Klien ingin bekerja
E.     Klien menolak bekerja sama dengan pekerja sosial


SELAMAT BEKERJA



 




PAKET BDEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SOAL TEORI KEJURUAN

Satuan Pendidikan      :  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Keahlian        :  Pekerjaan Sosial
Kode                           :  3058
Hari/Tanggal                :  25 Maret 2010
Alokasi Waktu             :  120 menit (Pukul 08.00 s.d 10.00)
Jenis Soal                     :  Pilihan Ganda
Jumlah Soal                 :  40 soal

 

1   1.      Penyampaian berita dari komunikator kepada komunikan melalui saluran tertentu disebut proses...
A.    Relasi
B.     Interaksi
C.     Akulturasi
D.    Sosialisasi
E.     Komunikasi

2   2.      Dalam proses komunikasi, penerima informasi sering disebut...
A.    Komunikator
B.     Komunikan
C.     Mediator
D.    Fasilitator
E.     Moderator

3   3.      Komunikasi isyarat yang terjadi antara pekerja sosial dengan klien tuna rungu disebut juga bentuk komunikasi....
A.    Verbal
B.     Non verbal
C.     Visual
D.    Auditorial
E.     Bilingual

4    4.      Percakapan antara dua sahabat yang lama tidak berjumpa disebut komunikasi ....
A.    Satu arah
B.     Dua arah
C.     Tiga arah
D.    Empat arah
E.     Lima arah

5    5.      Hubungan yang hangat antara guru BK dan siswa disebut .....
A.    Komunikasi
B.     Akulturasi
C.     Sosialisasi
D.    Relasi
E.     Interaksi

6   6.      Prinsip yang dianut oleh pekerja sosial bahwa klien berhak menentukan nasibnya sendiri yaitu .....
A.    Acceptance
B.     Nonjudgmental
C.     Self-determination
D.    Individualization
E.     Confidentiality

7  7.      Pekerja sosial yang mampu memahami perasaan klien tanpa hanyut dalam perasaan itu disebut .....
A.    Perhatian
B.     Keterlibatan
C.     Empati
D.    Ketulusan
E.     Penerimaan

8   8.      Bentuk relasi, yakni pekerja sosial dan klien saling menguji tujuan an tanggungjawab masing-masing dalam suatu proses pemecahan masalah disebut .....
A.    Polarisasi
B.     Partisipasi
C.     Kolaborasi
D.    Konflik
E.     Tawar menawar

9   9.      Cara mengumpulkan data yang lazim digunakan oleh pekerja sosial dalam proses pengungkapan masalah ....
A.    Spekulasi, studi dokumentasi, studi banding
B.     Observasi, interogsi, spekulasi
C.     Interogasi, spekulasi, studi banding
D.    Studi dokumentasi, spekulasi
E.     Wawancara, observasi, studi dokumentasi

  10.  Unsur-unsur yang memperlihatkan perbedaan antara wawancara bantuan dalam pekerjaan sosial dengan pekerjaan biasa adalah....
A.    Tujuan, tempat, prakarsa, posisi, rencana
B.     Tempat, prakarsa, posisi, biaya, pedoman
C.     Prakarsa, posisi, biaya, pedoman, tujuan
D.    Posisi, biaya, pedoman, tujuan, tempat
E.     Pedoman, tujuan, rencana, biaya, posisi

1 11.  Data tentang klien yang diperoleh oleh orang lain disebut sumber data ....
A.    Primer
B.     Sekunder
C.     Elementer
D.    Komplementer
E.     Sekuler

1 12.  Suatu kelurahan terdiri dari 1000KK, yang memiliki sarana MCK di RW I 300 KK, RW II 200 KK, RW III 250 KK, dan RW IV 250 KK. Data ini disebut data ...
A.    Kualitatif
B.     Spekulatif
C.     Kuantitatif
D.    Provokatif
E.     Tentatif

1 13.  Penghasilan orang tua siswa di suatu sekolah bervariasi sebagai berikut :
70 % berpenghasilan 2,1 – 3,0 juta
20 % berpenghasilan 3,1 – 4,0 juta
10 % berpenghasilan 4,1 – 5,0 juta
Jenis data ini disebut .....
A.    Nominal
B.     Ordinal
C.     Rasio
D.    Interval
E.     Klasikal

1 14.  Aspek masalah yang berkaitan dengan tujuan, harapan-harapan, perasan-perasaan yang disebut berdimensi .....
A.    Sosial
B.     Kultural
C.     Biologis
D.    Spiritual
E.     Psikologis

1 15.  Kebutuhan manusia pada masa dewasa muda adalah ....
A.    Belajar peran orang tua
B.     Belajar ketrampilan dasar
C.     Sosialisasi
D.    Kasih sayang orang tua
E.     Perawatan fisik

1 16.  Penjenjangan kebutuhan manusia digagas oleh....
A.    Abraham Maslow
B.     Max Weber
C.     Henry Fayo
D.    Amitai Etzioni
E.     Peter Druecker

1 17.  Faktor psikis yang diturunkan (diwariskan) dari leluhur, contohnya .....
A.    Kemampuan memenuhi kebutuhan
B.     Kemampuan menghadapi stress
C.     Kemampuan beraktifitas
D.    Kemampuan mengembangkan diri
E.     Kemampuan menyesuaikan diri

1  18.  Fase perkembangan manusia antara masa akhir anak-anak dan masa awal dewasa disebut masa .....
A.    Bayi
B.     Anak-anak
C.     Remaja
D.    Awal dewasa
E.     Tengah dan akhir dewasa  

1  19.  Fenomena yang berlangsung  pada perkembangan manusia pada remaja .....
A.    Keutuhan diri dan kekecewaan
B.     Percaya dan tidak percaya
C.     Produktif dan mandeg
D.    Kenal diri dan bingung
E.     Prakarsa dan rasa bersalah

2  20.  Susunan keluarga yang termasuk dalam unsur  studi kasus adalah ....
A.    Masalah, kebutuhan, proses, harapan
B.     Tempat, masalah, proses, masalah
C.     Kebutuhan, sumber  daya, masalah
D.    Input, proses, output, outcome
E.     Seks, usia, pekerjaan, pendidikan, penghasilan

2 21.  Situasi/kondisi yang dievaluasi oleh orang banyak tidak menyenangkan dan membutuhkan penanganan disebut ....
A.    Masalah
B.     Kesulitan
C.     Perkembangan
D.    Transisi
E.     Kepribadian

2  22.  Salah satu komponen dari empat sistem dasar praktik pekerjaan sosial adalah .....
A.    Pemerintah
B.     Badan sosial
C.     Negara
D.    Departemen
E.     Agama

2  23.  Institusi yang menaungi suatu proses pemberian bantuan kepada klien adalah ....
A.    Badan zakat
B.     Lembaga adat
C.     Lembaga sosial
D.    Lembaga perkawinan
E.     Lembaga administrsi negara

2  24.  Sistem kegiatan adalah .......
A.    Sekumpulan orang yang dijadikan sasaran agar perubahan dapat teruji
B.     Sekumpulan orang yang mengalami masalah dan membutuhkan bantuan dari pekerja sosial
C.     Sekumpulan orang yang diberi kewenangan oleh badan sosial untuk membantu klien
D.    Sekumpulan orang yang bekerja dengan pekerja sosial untuk mencapai suatu tujuan perubahan
E.     Sekumpulan orang yang mengharapkan bantuan dari badan sosial

2  25.  Orang-orang yang dijadikan sasaran agar perubahan dapat terjadi, disebut ....
A.    Sistem sosial
B.     Sistem pelaku perubahan
C.     Sistem kegiatan
D.    Sistem klien
E.     Sistem sasaran

     26.  Pihak yng menerima bantuan dari pekerja sosial disebut ....
A.    Sistem klien
B.     Sistem kegiatan
C.     Sistem sasaran
D.    Sistem sosial
E.     Sistem pelaku perubahan

2   27.  Orang yang mengalami masalah tetapi tidak sadar bahwa dia bermasalah sehingga tidak meminta bantuan, disebut sistem klien ....
A.    Aktual
B.     Potensial
C.     Sasaran
D.    Sosial
E.     Ekonomi

2   28.  Peran pekerja sosial sebagi kepala di suatu badan sosial disebut ...
A.    Administrator
B.     Katalisator
C.     Mediator
D.    Enabler
E.     Broker

2   29.  Pinjaman uang dari suatu koperasi simpan pinjam biasanya diperoleh dari sistem sumber ...
A.    Infomal
B.     Formal
C.     Kemasyarakatan
D.    Informasi
E.     Dana

3  30.  Doa, uang, nasehat, dorongan, biasanya diperoleh dalam keluarga. Keluarga dalam hal ini dipandang sebagai sistem sumber ...
A.    Kemasyarakatan
B.     Formal
C.     Informal
D.    Informasi
E.     Dana

3   31.  Bantuan yang diperoleh dari sistem sumber kemasyarkatan adalah ...
A.    Nasehat
B.     Perjodohan
C.     Darmawisata
D.    Modal usaha
E.     Pengembangan profesi
3   32.  Prinsip-prinsip pekerjaan sosial yang benar adalah ....
A.    Acceptance, participation, partialization
B.     Participation, partialization, communication
C.     Communication, dehumanization, partilization
D.    Concentration, dehumanization, demonstration
E.     Acceptance, worth and dignity, nonjudgemental

3   33.  Menghargai klien sebagai manusia yang utuh termasuk dalam prinsip ...
A.    Penghormatan
B.     Partisipasi
C.     Kerahasiaan
D.    Komunikasi
E.     Empati

3   34.  Mendorong klien untuk membuat pilihan-pilihan tindakan, termasuk dalam prinsip ....
A.    Penghormatan
B.     Penentuan nasib sendiri
C.     Partisipasi
D.    Kerahasiaan
E.     Komunikasi

3   35.  Tindakan pekerja sosial memasukkan klien yang sukar dikendalikan ke ruang isolasi merupakan fungsi ....
A.    Rehabilitasi
B.     Preventif
C.     Represif
D.    Development
E.     Kuratif

3   36.  Mengukur keberhasilan suatu usaha perubahan dilakukan melalui ....
A.    Simulasi
B.     Stimulasi
C.     Terminasi
D.    Evaluasi
E.     Desiminasi

3   37.  Terminasi dalam pekerjaan sosial merupakan ....
A.    Perencanaan relasi
B.     Pembangunan relasi
C.     Pengorganisasian relasi
D.    Pengendalian relasi
E.     Pengakhiran relasi

3   38.  Transfer adalah suatu proses ....
A.    Penglihatan klien antar pekerja sosial dalam badan sosial yang sama
B.     Pengalihan klien antar badan sosial
C.     Pengalihan klien antar pekerja sosial dalam badan sosial yang berbeda
D.    Pengalihan klien dari badan sosial kepada keluarganya
E.     Pengalihan klin dari badan sosial kepada masyarakat luas

39.  Rujukan adalah suatu proses ....
A.    Pengalihan klien antar pekerja sosial dalam badan sosial yang sama
B.     Pengalihan penanganan klien dari badan sosial yang satu kepada badan sosial yang lain yang dibutuhkan
C.     Pengalihan klien dari masyarakat kepada keluarga
D.    Pengalihan klien dari keluarga dan masyarakat
E.     Pengalihan klien dari badan sosial ke masyarakat

40.  Terminasi dilakukan apabila ...
A.    Masa pelayanan telah berakhir
B.     Klien menolak dilayani
C.     Sudah dilakukan evaluasi atas tujuan, metode dan hasil intervensi
D.    Pekerja sosial menolak bekerjasama dengan klien
E.     Badan sosial kehabisan dana



SELAMAT  BEKERJA








5 komentar: